Rabu, 19 Agustus 2015

Standar Kompetensi & Kompetensi Dasar SMK Multimedia Kurikulum 2006


DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


KODE                                       : 072
BIDANG STUDI KEAHLIAN      : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN  : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN         : MULTI MEDIA


1.   Definisi
Program keahlian yang mempelajari mengenai kompenti siswa dibidang bidang multimedia Multimedia merupakan kombinasi teks, seni,animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).


2.Tujuan Program Keahlian Multimedia
Tujuan program keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
a.    mengoperasikan software dan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design
b.  mengoperasikan software dan periferal multimedia, presentation,2D animation, dan  3D animation
c. mengoperasikan software dan periferal  digital audio, digital video, dan  visual effects


3.   Standar Kompentasi Lulusan

1.   Kompetensi Umum
a.    Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
b.    Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
c.    Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggungjawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
d.    Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-aturan sosial.
e.    Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
f.     Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
g.    Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
h.    Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
i.      Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
j.     Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah komplek.
k.    Menunujukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
l.      Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab.
m.  Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
n.    Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
o.    Mengapresiasikan karya seni dan budaya.
p.    Menghasilkan karya kreatif baik individual maupun kelompok.
q.    Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani serta kebersihan lingkungan.
r.     Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.

s.    Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.


A.   DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  1.Merakit Personal Computer (PC)

1.1        Menjelaskan konsep sistem komputer
1.2        Menjelaskan fungsi komponen-komponen/ Pheriferal PC
1.3        Mengidentifikasi keamanan & keselamat Kerja
1.4        Menjelaskan trobleshooting perakitan PC
1.5        Mengidentikasi  peralatan merakit PC
1.6        Menguji perakitan PC.
  2.    Menginstalasi Sistem operasi
2.1   Menjelaskan klasifikasi sistemoperasi
2.2   Menidentifikasi sfesifikasi komputer
2.3   Menginstalasi sistemoperasi berbasis Gui
2.4   Menginstalasi softwareaplikasi


B.   KOMPETENSI KEJURUAN

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1     Mengidentifikasi etimologi multimedia
1.1      Mendefinisikan dan mengkategorikan tentang multimedia
1.2      Mengidentifikasi multimedia content production
1.3      Mengidentifikasi multimedia communication.
2     Mengilustrasikan alir proses produksi produk multimedia

2.1   Mengidentifkasi proses Pre Production multimedia
2.2   Mengidentifkasi proses Production multimedia
2.3   Mengidentifkasi proses Post Production multimedia.
3     Menyusun proposal  penawaran
3.1      Menganalisa syarat-syarat proyek
3.2      Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
3.3      Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
3.4      Membuat proposal
3.5      Membuat pengajuan permohonan tender.
4     Merumuskan prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja
4.1      Menjabarkan UU keselamatan kerja
4.2      Mengidentifikasi prosedur standar keamanan manusia
4.3      Mengidentifikasi prosedur standar keamanan alat
4.4      Menerapkan prosedur lingkungan kerja tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan.
5     Merawat peralatan multimedia
5.1      Mengindentifikasi langkah-langkah perawatan  peralatan multimedia
5.2      Membuat kartu perawatan peralatan shooting.
6     Memperbarui isi halaman web
6.1      Memeriksa informasi untuk relevansi dan updated
6.2      Memeriksa links dan navigasi
6.3      Mengedit informasi sesuai kebutuhan
6.4      Menguji dan memastikan perubahan perubahan.
7     Menguasai Teknik  pengambilan gambar produksi
7.1      Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan  shooting
7.2      Men-set-up dan mengoperasikan kamera video dasar
7.3      Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
7.4      Mengoperasikan kamera
7.5      Menata kabel-kabel kamera
7.6      Mengoperasikan clapper board.
8      Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
8.1      Mengidentifikasi kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
8.2      Men-sketsa
8.3      Menggambar perspektif
8.4      Menggambar objek
8.5      Menggambar ilustrasi.
9     Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
9.1      Mengidentifikasi syarat animasi
9.2      Membuat gambar kunci
9.3      Mengatur dan melengkapi gambar kunci.
10  Menguasai cara meng gambar clean-up dan sisip
10.1   Menemukan syarat-syarat gambar yang   asli
10.2   Membuat gambar-gambar asli
10.3   Mengidentifikasi syarat-syarat gambar tiga dimensi
10.4   Membuat gambar tiga dimensi.
11  Membuat animasi stop-motion (bidang datar)
11.1   Identifikasi syarat-syarat animasi
11.2   Membuat model warna dan tempat warna.
12  Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
12.1     Menggunakan software teks   multimedia
12.2     Mendesain teks multimedia.
13  Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
13.1     Mengedit gambar digital
13.2     Menggunakan software grafik multimedia 2D
13.3     Menciptakan design grafik Multimedia 2D
13.4     Menampilkan karya seni digital 2D.
14  Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
14.1     Menggunakan kamera digital
14.2     Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia
14.3     Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
15  Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
15.1     Menjabaran format audio digital
15.2     Menggunakan software audio digital
15.3     Merancang dan audio digital
15.4     Membangun track audio digital.
16  Membuat Story Board aplikasi multimedia
16.1     Menidentifikasi kebutuhan
16.2     Merencanakan alur isi (story board)
16.3     Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam Story board.
17  Menggunakan Peralatan tata cahaya.
17.1       Mengidentifikasi dasar tata cahaya
17.2       Mengidentifiksdi efek cahaya
17.3       Menyiapkan operasi lighting
18  Menerapkan efek khusus pada objek produksi
18.1       Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
18.2       Menginstallasi soft ware effek khusus
18.3       Membuat efek khusus pada obyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar