DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
KODE : 072
BIDANG STUDI KEAHLIAN :
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN :
MULTI MEDIA
1. Definisi
Program keahlian yang mempelajari mengenai kompenti siswa dibidang bidang
multimedia Multimedia merupakan kombinasi teks, seni,animasi, gambar dengan
dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui computer
atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).
2.Tujuan Program Keahlian Multimedia
Tujuan program keahlian Multimedia adalah
membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap
agar kompeten:
a. mengoperasikan
software dan periferal digital
illustration, digital imaging, dan web
design
b. mengoperasikan
software dan periferal multimedia,
presentation,2D animation,
dan 3D animation
c. mengoperasikan software dan periferal digital audio, digital
video, dan visual effects
3. Standar
Kompentasi Lulusan
1. Kompetensi Umum
a. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai
dengan perkembangan remaja.
b. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan
kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
c. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggungjawab atas
perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
d. Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-aturan sosial.
e. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan
golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
f. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara
logis, kritis, kreatif dan inovatif.
g. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan
inovatif dalam pengambilan keputusan.
h. Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan
diri.
i.
Menunjukkan sikap
kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
j. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah
komplek.
k. Menunujukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan
sosial.
l.
Memanfaatkan lingkungan
secara produktif dan bertanggungjawab.
m. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
n. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
o. Mengapresiasikan karya seni dan budaya.
p. Menghasilkan karya kreatif baik individual maupun
kelompok.
q. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani
serta kebersihan lingkungan.
r. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan
santun.
s. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam
pergaulan di masyarakat.
A.
DASAR KOMPETENSI
KEJURUAN
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.Merakit Personal
Computer (PC)
|
1.1
Menjelaskan konsep
sistem komputer
1.2
Menjelaskan fungsi
komponen-komponen/ Pheriferal PC
1.3
Mengidentifikasi
keamanan & keselamat Kerja
1.4
Menjelaskan
trobleshooting perakitan PC
1.5
Mengidentikasi peralatan merakit PC
1.6
Menguji perakitan PC.
|
2. Menginstalasi Sistem operasi
|
2.1 Menjelaskan klasifikasi
sistemoperasi
2.2 Menidentifikasi sfesifikasi
komputer
2.3 Menginstalasi sistemoperasi
berbasis Gui
2.4 Menginstalasi
softwareaplikasi
|
B. KOMPETENSI KEJURUAN
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1 Mengidentifikasi etimologi
multimedia
|
1.1 Mendefinisikan dan mengkategorikan tentang multimedia
1.2 Mengidentifikasi multimedia content production
1.3 Mengidentifikasi multimedia communication.
|
2
Mengilustrasikan alir proses produksi produk multimedia
|
2.1 Mengidentifkasi proses Pre Production multimedia
2.2 Mengidentifkasi proses Production multimedia
2.3 Mengidentifkasi proses Post Production multimedia.
|
3 Menyusun proposal penawaran
|
3.1 Menganalisa syarat-syarat
proyek
3.2 Mengidentifikasi
keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
3.3
Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
3.4 Membuat proposal
3.5 Membuat pengajuan permohonan
tender.
|
4 Merumuskan prosedur
kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja
|
4.1
Menjabarkan UU keselamatan kerja
4.2
Mengidentifikasi prosedur standar keamanan manusia
4.3
Mengidentifikasi prosedur standar keamanan alat
4.4
Menerapkan prosedur lingkungan kerja tentang kesehatan, keselamatan
dan keamanan.
|
5 Merawat peralatan multimedia
|
5.1
Mengindentifikasi langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
5.2
Membuat kartu perawatan peralatan shooting.
|
6 Memperbarui isi halaman web
|
6.1 Memeriksa informasi untuk
relevansi dan updated
6.2
Memeriksa links dan navigasi
6.3
Mengedit informasi sesuai kebutuhan
6.4
Menguji dan memastikan perubahan perubahan.
|
7 Menguasai Teknik pengambilan gambar produksi
|
7.1
Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan shooting
7.2
Men-set-up dan mengoperasikan kamera video dasar
7.3
Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
7.4 Mengoperasikan kamera
7.5
Menata kabel-kabel kamera
7.6
Mengoperasikan clapper board.
|
8 Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam
desain komunikasi visual untuk multimedia
|
8.1
Mengidentifikasi kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
8.2
Men-sketsa
8.3
Menggambar perspektif
8.4
Menggambar objek
8.5
Menggambar ilustrasi.
|
9 Menguasai cara menggambar
kunci untuk animasi
|
9.1
Mengidentifikasi syarat animasi
9.2
Membuat gambar kunci
9.3
Mengatur dan melengkapi gambar kunci.
|
10 Menguasai cara meng gambar
clean-up dan sisip
|
10.1 Menemukan syarat-syarat gambar
yang asli
10.2 Membuat gambar-gambar asli
10.3 Mengidentifikasi syarat-syarat
gambar tiga dimensi
10.4
Membuat gambar tiga dimensi.
|
11 Membuat animasi stop-motion
(bidang datar)
|
11.1
Identifikasi syarat-syarat animasi
11.2
Membuat model warna dan tempat warna.
|
12 Menggabungkan teks kedalam
sajian multimedia
|
12.1 Menggunakan software teks multimedia
12.2 Mendesain teks multimedia.
|
13 Menggabungkan gambar 2D
kedalam sajian multimedia
|
13.1 Mengedit gambar digital
13.2 Menggunakan software grafik multimedia 2D
13.3 Menciptakan design grafik
Multimedia 2D
13.4 Menampilkan karya seni digital
2D.
|
14 Menggabungkan fotografi
digital kedalam sajian multimedia
|
14.1
Menggunakan kamera digital
14.2 Menggabungkan foto digital
kedalam rangkaian Multimedia
14.3 Menciptakan susunan karya seni
foto digital dan grafik 2D.
|
15 Menggabungkan audio ke dalam
sajian multimedia
|
15.1 Menjabaran format audio digital
15.2
Menggunakan software audio digital
15.3
Merancang dan audio digital
15.4
Membangun track audio digital.
|
16 Membuat Story Board aplikasi
multimedia
|
16.1 Menidentifikasi kebutuhan
16.2 Merencanakan alur isi (story
board)
16.3 Medeskripsikan proses
pelaksanaan dalam Story board.
|
17
Menggunakan Peralatan tata cahaya.
|
17.1
Mengidentifikasi dasar tata cahaya
17.2
Mengidentifiksdi efek cahaya
17.3
Menyiapkan operasi lighting
|
18 Menerapkan efek khusus pada
objek produksi
|
18.1
Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
18.2
Menginstallasi soft ware effek khusus
18.3
Membuat efek khusus pada obyek.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar